Beberapa HP Nokia yang Terkenal pada Zamannya


Dahulu, saya sempat memiliki tiga Hape Nokia, diantaranya adalah Nokia XpressMusic 5300, X2-01 QWERTY dan X2-02. Dari ketiganya, hanya X2-02 yang masih saya miliki sampai sekarang, hanya terbatas untuk menelpon saja.

Begitulah, sejak 2011, saya mulai beralih dari Nokia ke Android, bertepatan dengan Blackberry Onyx 2 atau Bold. Tablet pertama saya adalah Samsung Galaxy Tab 7.0 yang sampai sekarang sudah saya berikan kepada pak dhe saya di Surabaya. Masih terpakai dan berfungsi dengan baik, ditengah gencarnya smartphone modern.

Nokia sebagaimana yang kita ketahui sempat gencar-gencarnya pada tahun 1990an dan 2000an, dimana pada masanya Nokia dikenang sebagai HP paling modern kala itu, disamping Sony Erricson. Beberapa yang terkenal adalah Noki N-Gage, N-Series, XpressMusic Series, Communicator, bahkan 3310 yang dikenal sebagai HP paling anti-banting dan tertangguh pada masanya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, Nokia semakin kesini semakin meredup, sejak kehadiran Android dan iOS yang jauh lebih modern dan mudah penggunaannya dibandingkan OS Symbian bawaan Nokia. Walaupun begitu, kasusnya tidak separah kasus Blackberry, dimana Nokia sudah ada sejak tahun 1990an dan sudah berlangsung lama sehingga masih ada kesempatan untuk memperbaikinya.

Lalu ada HP Nokia apa saja yang terkenal pada zamannya, terutama di Indonesia?

Nokia 3310

Bukan main jika Nokia 3310 dikenal sebagai HP paling tangguh dan tahan banting. Harga HP ini pada zamannya dijual sekitaran Rp 1,3 juta dan diperkenalkan pada tahun 2000an. Nokia 3310 memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya Baterai Awet, Bodi Tangguh, Mudah Diperbaiki, bahkan hingga mudah dimasukan kedalam saku.

Salah satu media asing pernah meliput salah satu kerusuhan di Indonesia melalui media korannya. Uniknya dalam foto tersebut, salah satu demonstran terlihat melempar sebuah HP yang diduga adalah Nokia 3310, membutkikan digdayanya Nokia 3310 yang sudah teruji

Nokia 3310 tidaklah mati, pada tahun 2017, Nokia melalui HMD Global memperkenalkan Reborn version dari Nokia 3310 dengan konektivitas bluetooh dan internet 4G. Seri reborn ini hanya dijual 700 ribu saja.

Nokia Communicator Series

Nokia Communicator Series, seperti E90, N95, 9120, 9300, hingga E7/N95, merupakan salah satu lineup Nokia yang juga paling terkenal pada zamannya. Ibarat laptop portable, Nokia Communicator bisa dipakai untuk bekerja, menonton, presentasi, hingga bermain game. Siapapun yang memiliki seri lineup tersebut maka pemiliknya adalah sudah pasti seorang sultan. Bahkan Presiden SBY pun pernah dikabarkan pernah memiliki HP tersebut semasa masih menjadi presiden.

Pada tahun 2007 hingga 2011, Nokia memperkenalkan E7 sebagai penerus kejayaan Communicator series, dan posisinya mulai terhimpit dengan kehadiran Android. E7 sendiri sudah mirip layaknya HP-HP pada umumnya yang ber-touchscreen, namun masih mempertahankan keyboard fisik QWERTY-nya.

Nokia N-Gage

N-Gage adalah handphone gaming buatan Nokia. Beberapa serinya diantaranya seri Classic hingga seri QD. Dijual sekitar Rp3.500.000 pada masanya. N-Gage semakin populer diantara tahun 2005 hingga 2007. HP Gaming ini memang pada masanya sering dipinjam atau berpindah tangan, sehingga harus sedia charger agar tidak mati saat digunakan.

Letak design microphone dan speaker yang kurang lazim membuatnya terkadang sulit digunakan, terkecuali dalam mengirim SMS. N-Gage sendiri juga memiliki internal storage sebesar 3,4 MB yang tentu saja untuk saat ini memang kecil untuk memainkan sebuah game.

Sempat dirumorkan jika Nokia merilis penerusnya di 2019, namun sampai detik ini belum ada pernyataan resmi dari Nokia. Dari spesifikasi yang diklaim, Nokia N-Gage gaming memiliki layar IPS LCD berukuran 6,7 inchi dan resolusi 4K. Memiliki RAM 10 GB dan kapasitas memori internal 64-128 GB. Jika masih berasa kurang, memori eksternal bisa ditambah sampai 256 GB.

Nokia XpressMusic Series

HP Nokia yang satu ini cocok bagi pencinta musik, berkat dibekali tombol shortcut music player dan speaker berkualitas tinggi pada masanya. Beberapa diantaranya adalah Seri 5300, 5700, 5800, hingga 5610. Dari semua yang ada, saya sempat memiliki Nokia 5300 XpressMusic, sekaligus seri XpressMusic paling murah.

XpressMusic masih terus diproduksi saat ini, dan beberapa seri terbarunya, salahsatunya adalah seri 5310. Seri ini merupakan pengembangan dan penerus dari generasi 5300. 5310 sudah dibekali colokan Micro USB bahkan sudah berotak MediaTek. Seri lainnya yang tak kalah menarik adalah 5710 yang merupakan penerus dari 5700, dimana seri ini memiliki fitur yang tak biasa, yakni built-in TWS buds.

Nokia dengan Keyboard QWERTY

Bukan hanya pada HP Seri Communicator saja, Nokia juga menghadirkannya pada HP-HP dengan keyboard fisik QWERTY. Seiring perkembangan zaman, Nokia juga turut memasarkan handphone dengan keyboard QWERTY sebagai gebrakan baru Nokia pada masanya. Beberapa diantaranya adalah Nokia Asha Series, X2-01, E-series, hingga C3-00. Beberapa HP tersebut merupakan HP Nokia yang menggunakan keyboard QWERTY yang menyerupai dengan HP Blackberry pada masanya. Dari semuanya, saya disini sempat memiliki Nokia X2-01.

Source


Eksplorasi konten lain dari Ditsar Radhin Experiences

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.


Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai